Thursday, July 12, 2007

PEDULI LINGKUNGAN DUNIA

Aktor Leonardo De Caprio cuma menjawab singkat saat ditanya, kenapa peduli banget ama lingkungan. ”We only have one earth!” Jawabannya tepat banget. Lha iya tho, mau tentara, penjahat, politisi sampai bikers, sama-sama tinggal di bumi yang sama.

Apalagi sekarang, isu pemanasan global membuat semuanya harus peduli. Beberapa brothers malah menjadi volunteer dan bergabung di lembaga swadaya dunia berjuluk Greenpeace yang khusus bergerak di bidang pelestarian lingkungan. “Warga dunia yang beradab tentu memiliki kepedulian terhadap keberlangsungan bumi dan segenap isinya,” jelas Ragil, volunteer dari Greenpeace Indonesia.

Hari Wibowo, wakil bikers dari Klub HTML, memandang pentingnya brother menjaga performa motor. “Hal kecil begini efektif mengurangi polusi,” ulas Bro yang jadi pembicara mendampingi penyanyi Glenn Fredly di acara Forum Komunitas Bikers dan Greenpeace bertema ‘Hijaukan Indonesia Sekarang’.

Hari meneruskan, menjaga kinerja motor dengan membersihkan komponen yang terkait pada pembakaran akan mengurangi pemborosan bahan bakar. “Juga tentunya efek polusi akibat BBM tak terbakar sempurna,” jelas biker yang juga anggota Yayasan Transport Obeservation and Traffic Obedience Research, TROTOAR.

Komentarnya disambut Yudi, anggota Suzuki 2 Wheel. Ia menghimbau pengendara bersatu dalam pelestarian lingkungan. “Misal, dalam setiap kegiatan mestinya ada sesi yang terkait dengan isu lingkungan. Jadi tidak cuma berbicara persoalan persaudaraan atau kongkow,” jelas Yudi yang merencanakan event ultah S2W di Citeureup diisi lebih banyak kegiatan yang berorientasi lingkungan awal Agustus mendatang.

Langkah nyata mencintai lingkungan juga dilakoni TRAGAT (Trail Garut Adventure). Jika beradventure, mereka selalu menyelipkan program kesadaran lingkungan. “Ini komitmen. Kita harus punya manfaat buat masyarakat,” buka Agus Ridwan alias Agus Joy, komandan TRAGAT.

Langkah mereka cukup kongkret. “Saat melibas hutan, kami selalu membuat catatan ikhwal lahan kritis, gundul dan mendorong anggota dan pemerintah melakukan reboisasi. Kami kerap dijadikan garda terdepan Departemen Kehutanan untuk program penanaman pohon. Termasuk melakukan penyuluhan ke masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan,” bangga Agus yang punya sekretariat di Jl. Ir. Juanda, No. 44, Blok 5, Bumi Cempaka Indah. Telepon (0262) 239688 dan 242964.


Wah ada baiknya forum komunitas bikers dan Greenpeace kontak-kontakan sama mereka. Siapa tahu tercipta sinergi positif demi menjaga kelestarian lingkungan. Oh ya, nggak cuma mereka. Klub lain semisal skuteris (SOG dan VAC, IVI) juga sering melakukan program yang berkaitan dengan lingkungan. Hayoo, kapan kita bikin acara bareng?

No comments:

KETUA DAN WAKIL JMC

KETUA DAN WAKIL JMC

BAKSOS JMC

BAKSOS JMC