Thursday, July 12, 2007

MENTIMUN SEBUAH SOLUSI

Berangkat atas keprihatinan terhadap polusi udara dan pencemaran asap pembuangan knalpot, Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta melakukan penelitian. Mereka melakukan riset terhadap buah ketimun. Hasilnya, diketahui buah ini punya khasiat menetralisir kandungan timbel di darah.

“Tanpa disadari, asap atau polusi yang dikeluarkan dari moncong knalpot sangat berbahaya bagi kehidupan manusia. Di dalam asap terdapat zat berbahaya yakni timbel. Zat ini memiliki sifat akumulasi,” buka Hariawan Yudi Astoro, ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKMP) Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta ini.

Doi menambahkan, bahwa timbel di udara yang berasal dari pembakaran melepas oksida berbentuk debu atau partikulat yang dapat terhirup manusia. Rata-rata melepaskan sisa-sisa pembakaran sebanyak 95 persen timbel. “Efek dari timbel mengakibatkan gangguan ringan sampai yang berat seperti rusaknya fungsi sel,” tambahnya.

Untuk itu, tim PKMP Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yang terdiri dari Yudi, Ceacilia, Filana dan Sintami Putri mencoba menemukan solusi terbaik buat mengatasi hal itu. Mereka menemukan fakta bahwa kentimun atau cycumis sativus L, banyak mengandung senyawa kimia yang dapat menawarracun timbel dari dalam tubuh manusia.

“Senyawa kimia itu antara lain Succimer, Dimercaprol, Natrium Kalsiumedetat (Na-Ca2 EDTA). Senyawa ini bekerja dalam tubuh sebagai agen chelator. Dan salah satu agen chelator yang effisien adalah Natrium Kalsiumedeta,” kompak mereka.

Sederhananya, molekul chelator dalam tubuh digunakan mengikat logam timbel dan mempermudah pengeluaran dari dalam tubuh. Sehingga keberadaan timbel dalam tubuh dapat ternetralisir.

Dari uji ilmiah yang dilakukan, menyebutkan dosis terapi untuk pemberian senyawa Natrium Kalsiumedeta (Na-Ca2 EDETA) pada manusia adalah 50-75 mg/kg.

“Buah mentimun ini memberikan daya terapi antiracun yang luar biasa terhadap logam timbel. penggunaan bisa di makan langsung atau dibikin jus. Satu buah sehari cukup,” tutup Yudi.

Nah, nyeruput jus timun deh sambil kongkow.
Bikin segar dan sehat.

No comments:

KETUA DAN WAKIL JMC

KETUA DAN WAKIL JMC

BAKSOS JMC

BAKSOS JMC